Sihabuddin.com Sekedar Berbagi Pengalaman "Apa Yang Aku Lihat, Aku Rasa, Aku Dengar Dan Aku Hirup"

Boso Walikan Jogja, Bahasa Gaulnya Wong Jogja

Boso Walikan Jogja, Bahasa Gaulnya Wong Jogja
sihabuddin.comBoso Walikan Jogja, Bahasa Gaulnya Wong Jogja, Piye kabare Dab? Pahin?
lama tak jumpa wkwkw, sebenarnya artikel ini udah kepikiran lama, eh baru sempet nulis, kebiasaan suka molor dengan ide :v, terakhir nulis di blog juga 14 April "Bagaimana aku tak iri". oke sebagian dari kita yang dari jogja tentunya tidak asing dengan sapaan "DAB" tapi sebagian dari kita juga kadang tidak tau artinya DAB wkwkwk, "pie nyothe dab, jare wong jogja". kadang malah ada yang mengartikan DAB itu bahasa kasar, dan ada yang aneh dalam menyikapinya, katanya DAB itu = DASAR AS* BAJING*N, loh loh, gak tau sejarah ini orang. padahal DAB = MAS, okelah kita ulik dari mana sih DAB itu bisa mempunyai arti MAS

Boso Walikan Jogja, Bahasa Gaulnya wong jogja

Bahasa sehari-hari yang digunakan di Jogja adalah bahasa Jawa. Dan bahasa Jawa ini ada beberapa tingkatan, seperti bahasa Jawa ngoko, krama madya, dan krama inggil (halus).

Nah, selain bahasa Jawa, Jogja memiliki keunikan juga dalam hal bahasanya, yaitu boso walikan. Boso walikan merupakan sejenis bahasa prokem atau slang bagi orang Jogja yang ada sejak 1960-an bahkan mungkin sebelumnya sudah ada. Jadi tenar dan membumi di Jogja dan sekitarnya memang pada akhir 1990-an.

Denger-denger dulu namanya Boso Gali, yaitu bahasa pengantar bagi para gali, maling, preman ketika mau menjalankan operasinya agar tidak diketahui orang lain selain kelompok mereka.

Kalau kalian asli jogja, atau pernah tinggal di jogja, pastilah kalian tidak asing dengan DAGADU itu artinya MATAMU makanya logo dari dagadu itu bergambar Mata

DAGADU JOGJA

Yang belum pernah mendengar tentang boso walikan ini mungkin akan mengira bahasa ini sama atau hampir sama dengan boso walikan yang digunakan di kota Malang sana. 
But, no no... Ini beda. kalau di malang cukup di balik huruf kosakata-nya dari belakang ke depan, misal malang - ngalam, bojo - ojob, mas jadi sam.

Boso walikan ala Jogja

Boso walikan ala Jogja berasal dari empat baris aksara Jawa yang penggunaanya dibolak-balik.
Contoh yang cukup familiar adalah:
Dab = Mas
Poya = Ora (tidak) 
Pisu = Ibu
Sahan = Bapak
Pagob = Atos (keras)
Jape Methe = Cahe Dewe
Pahin = Apik
Soco = Bojo

sedikit cerita admin ngerti tentang tiga kosa kata dibawah ini, karena lirik lagu dari Genk Kobra - Ngayogyakarta 
daerah yogja ono papat kabupatene
gunungkidul, sleman, bantul, kulonprogo batese
dalad, sangi, lan nyothe kuwi basa premane
yen takpikir aku mesthi kekelen dhewe
Dalad = mangan
Sangi = Bali
Nyothe = kowe

nah penasarankan? kok bisa begitu?... tenang admin sihabuddin.com akan bagikan rumus boso walikan jogja, pada intinya rumus ini ngambil dari aksara jawa, honocoroko, kan ada 4 bait, tinggal di walik(balik) aja, bait nomor 1 dapat bait nomor 3, bait 2 dapet bait 4. intinya di cerminkan,
Boso Walikan Jogja
  • ha na ca ra ka =====> pa dha ja ya nya
  • da ta sa wa la =====> ma ga ba tha nga

  • pa dha ja ya nya =====> ha na ca ra ka
  • ma ga ba tha nga =====> da ta sa wa la


masih bingung?

Boso Walikan Jogja

Boso Walikan Jogja

masih bingung juga? wkwkwk
  • Ha = Pa
  • Na = Dha
  • Ca = Ja
  • Ra = Ya
  • Ka = Nya
  • Da = Ma 
  • Ta = Ga
  • Sa = Bha
  • Wa= Tha
  • La = Nga

nah tinggal di konversikan aja bahasa lokalnya ke aksara jawa, untuk huruf vokal disini tidak di rubah, misal a-i-u-e-o tetap di pertahankan. untuk huruf terakhir tetap kita matikan, kalau dalam pelajaran huruf aksara jawa namanya pangkon.

misalnya MAS, kita cari 
pasanganya "MA" yakni = DA, 
pasanganya "S / SA" yakni B / BHA 
jadilah, MAS boso walikan-nya adalah DAB (DABHA)

MATAMU
Pasangan MA = DA
Pasangan TA = GA
Pasangan MU = DU
jadi MATAMU boso walikan-nya adalah DAGADU

CAHE DEWE
CA = JA
HE = PE
DE = ME
WE = THE
jadi CAHE DEWE boso walikanya adalah JAPE METHE

misal nama admin SIHAB
SI = BHI
HA = PA
B = S
jadi SIHAB boso walikanya adalah BHIPAS 

artikel ini admin bersumber dari postingan kaskus, sumbernya disini dan ternyata sumber aslinya dari mbak ini shalluvia.blogspot.co.id, saya lihat dari tahun terbitnya hehe

Bahasa Gaul Jogja selain Boso Walikan

disamping bahasa gaul jogja yang BOSO WALIKAN ternyata masih ada beberapa bahasa gaul lainya, sebenernya admin sering denger dengan istilah istilah dibawah ini, tapi karena keterbatasan info jadi kudet deh wkwkwk, ternyata ini di anggap bahasa gaul, dibawah ini admin dapatkan dari sumber www.kompasiana.com/wardhanahendra/ dibawah ini admin ambil kesimpulan kesimpulan-nya saja, silakan kunjungi sumbernya untuk mengerti prosesnya hehe.

1. Bahasa Gaul yang berasal dari penyingkatan/singkatan kata,

  • Gondes singkatan dari Gondrong Ndeso, 
  • Ndes berasal dari Ndeso, 
  • pokmen = pokok men, 
  • Pede kependekan dari Pekok Dhewe, 
  • Hamsyong berasal dari Hampa dan Kosong

2. Bahasa gaul yang dibentuk dengan menambahkan vokal di akhir kata.

  • Ayui(k), 
  • Orai(k), 
  • Asemi(k)

3. Bahasa Gaul yang dibentuk dengan cara membalik konsonan atau memindahkan vokal

  • Yipe berasal dari pembalikan Piye yang artinya bagaimana. 
  • Yai berasal dari pemindahan vokal Iya.
  • Gombret yang berasal dari Gembrot artinya Gendut.
okelah, kekayaan jogja dari segi bahasa, ternyata jogja memang istimewa, jika masih bingung silakan komen di kolom komentar, salam sihabuddin.com - Boso Walikan Jogja, Bahasa Gaulnya Wong Jogja


Posting Komentar

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget